--> Skip to main content

Raspberry Pi Komputer Mini Segudang Fungsi

Raspberry Pi Komputer Mini Segudang Fungsi


Raspberry Pi sering di baca Raspi adalah komputer dengan papan tunggal (single-board-circuit, SCB) berukuran mini yang memiliki input dan output digital layaknya sebuah personal komputer. Raspberry pi di ciptakan dan dikembangkan oleh sebuah yayasan nirlaba yaitu "Raspberry Pi Foundation", dengan tim support Eben Upton, Rob Mullins, Jack Lang dan Alan Mycroft dari laborarotium komputer Universitas Cambridge, Inggris.

Sistem Operasi apa saja sih yang dapat di install di Raspberry Pi ?


Terdapat dua model Raspberry Pi saat ini yaitu model A dan model B, umumnya untuk model B mengusung kapasitas RAM lebih besar yaitu sekitar 512 MB, sementara model A hanya 256 MB. Selain itu juga model B sudah ditanam port Ethernet (untuk jaringan) yang tidak terpasang di model A. Jenis processor yang digunakan adalah model ARM1176JZF-S kecepatan 700 MHz, media penyimpanan menggunakan model SD Card untuk menjalankan Sistem Operasi.

Logo Raspberry

Beberapa sistem operasi yang dapat di install pada Raspberry Pi diantaranya NOBS, RASPBIAN, Raspberry Pi Dekstop (direkomendasikan), juga sistem operasi lain seperti Ubuntu Mate, Snappy Ubuntu Core, Windows 10 IOT Core, OSMC, Libreelec, Pinet, Risc OS, Eather Station, IchigoJam RPI. Untuk mendapatkan file .iso dari sistem operasi di atas silahkan download resmi di https://www.raspberrypi.org/downloads/

Model B Raspberry Pi

Apa saja sih komponen hardware yang ada di Raspberry Pi ?

Diantaranya adalah
4 port USB
1 port HDMI
1 port RCA
1 port Audio 3,5 mm
1 port SD Card
1 port RJ 45 (Ethernet LAN)
1 NIC Wireless Seri 802.11n
Bluetooth versi 4.1
8x GPIO UART, SPI BUS
750 maH/5 Volt DC
Mini USB port charge

Apa sih fungsi yang dimiliki Raspberry Pi ?

Raspberry Pi memiliki berbagai fungsi yang hampir menyaingi fungsi komputer diantaranya :
  1. Difungsikan sebagai File Server : sebagai file server Raspberry Pi dapat menyimpan berbagai file dengan sharing menggunakan media kabel maupun tanpa kabel.
  2. Difungsikan sebagai Media Streaming Server: dengan terdapat port USB Raspberry Pi dapat dihubungkan dengan Harddisk Exsternal dan di hubungkan dengan komputer atau gadget menggunakan IP secara kabel maupun tanpa kabel, cocok bagi anda yang suka mengoleksi film untuk dapat diputar di TV dengan remote control smartphone.
  3. Difungsikan sebagai Print Server : menjadikan printer yang anda miliki dapat di sharing dan dipergunakan secara bersama-sama baik melalui media kabel maupun tanpa kabel.
  4. Difungsikan sebagai Display Reporting Dashboard : dengan menambahan perangkat touch screen Raspberry Pi dapat digunakan sebagai media reportase seorang CEO.
  5. Difungsikan sebagai Micro Controller : berkolaborasi dengan perangkat mikrocontroller seperti arduino, raspberry pi dapat mengendalikan beberapa perangkat yang ada di rumah seperti TV, AC, Lampu yang dapat dicontrol hanya dengan gadget yang sobat genggam.
  6. Difungsikan sebagai Media Storage Website : IP publik yang sobat dapat dikolaborasikan dengan raspberry pi sebagai sistem operasinya, sehingga sobat dapat memiliki website pribadi maupun perusahaan yang lebih efektif dan efisien, dengan tidak mengurah isi dompet dan menyita ruangan.

Berapa sih harga Raspberry Pi ?

Tampilan Raspberry Pi 3

Harga resmi dari toko raspberry pi adalah sekitar $35 atau Rp. 525.000 (bila kurs 15ribu), sementara survey beberapa toko online beraneka ragam, dari mulai 549K hingga 850K.


Demikian penjelasan awal tentang Raspberry Pi Komputer Mini dengan Segudang Fungsi. Semoga bermanfaat.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar