--> Skip to main content

Memahami Perbedaan Teknologi USB pada Flashdisk

Memahami perbedaan teknologi USB pada Flashdisk

Selamat datang pada pengunjung setia buatkuingat.com, sebuah blog yang menyuguhkan berbagai artikel yang berkaitan dengan dunia komputer dan jaringan baik penjelasan teori maupun praktis. Disini saya akan memberikan literasi tentang Memahami perbedaan teknologi USB.

Pengertian USB

Apa itu USB ?

Universal Serial Bus (USB) adalah sebuah standar media pengiriman data dalam bentuk serial sebagai perangkat penghubung. USB dibuat dengan maksud untuk menghilangkah penambahan expansion card pada ISA atau PCI serta memiliki kemampuan plug and play (pasang dan mainkan), dengan mengijinkan perangkat di pasang atau di lepas tanpa harus melakukan reboot/restart. Selain itu USB juga memposisikan diri agar ketika di pasang, sistem akan secara otomatis mengenalnya tanpa harus menginstall driver.

USB dapat menghubungkan berbagai peralatan seperti mouse, keyboard, printer, scanner, camera digital, komponen network dan lain-lain. Saat ini USB telah menjadi sebuah standar yang mutlak bagi peralatan multimedia.

Pernahkan sobat menyalin file besar dengan waktu yang lama, nah kasus seperti itu bisa terjadi karena beberapa hal, bisa karena PC/Laptop tidak memiliki port USB versi terbaru. Jadi jika ingin melakukan penyalinan file lebih cepat, perhatikan antara USB di flashdisk dan port di Laptop/PC harus sama. Silahkan nanti coba sendiri yah, pasti akan terasa sekali perbedaanya.


Baca juga artikel tentang :

Fungsi USB

Beberapa fungsi USB saat ini yang tidak dapat tergantikan diantaranya adalah :
  • Sebagai konektor yang banyak digunakan oleh berbagai perangkat
  • Sebagai konektor untuk menghantarkan daya listrik, selain dari pengiriman data.
  • Sebagai konektor alternatif untuk dapat terhubung dengan konektor lain
  • Sebagai konektor yang terus melakukan upgrade pada aspek kecepatan transfer data.

Versi USB Terbaru

Beberapa versi USB yang sudah ada diantaranya :
  1. USB 1.1 (OHCI) Open Host Control Interface : Dirilis pada bulan januari 1996, memiliki kecepatan rendah, dengan kebutuhan tegangan listrik yang cukup tinggi yaitu 4,4 volt, menggunakan 4 pin konektor, jenis ini hanya mendukung sistem 32 bit dan kadang terjadi permasalah bila di paksa untuk di gunakan pada sistem 64 bit dan saat ini dipasaran sudah tidak beredar
  2. USB 2.0 (EHCI) Enhanced Host Control Interface : Dirilis pada bulan April 2000, memiliki kecepatan medium transfer, dengan kebutuhan tegangan listrik 4,4 volt, menggunakan 4 pin konektor, jenis ini telah support untuk sistem 32 maupun 64 bit, kondisi di pasaran saat ini masih banyak dan sering kita gunakan terutama pada perangkat flashdisk, orang sih lihat warnanya hitam itulah USB versi 2.
  3. USB 3.0 (XHCI) Extensible Host Control Interface : Dirilis pada bulan November 2008, kecepatan transfer pada posisi tinggi, dengan kebutuhan tegangan listrik yang rendah hanya 4v, menggunakan 8 pin konektor, memiliki keunggulan mendukung sistem operasi 32 dan 64 bit, kondisi di pasaran saat ini banyak dicari orang dan bahkan perangkat terbaru, sudah pasti menggunakan versi ini, kita bisa lihat secara fisik versi ini memiliki warna biru.
Sobat bisa lihat perbedaan USB versi 1 2 dan 3, pada tabel di bawah ini :


Dari beberapa versi USB di atas, intinya sobat tidak perlu khawatir bila masih menggunakan USB versi 2 misalnya, yang paling penting adalah bila sobat nanti memiliki perangkat dengan USB 3, jangan lupa untuk dihubungkan pada USB 3 di PC/Laptopnya, supaya mendapatkan kinerja yang baik. Sampai disini artikel tentang USB, semoga menjadi pengetahuan baru dan tentunya bermanfaat buat sobat semua.

Tipe USB di Pasaran Saat ini

Tipe USB yang ada saat ini terbagi menjadi 3 tipe, diantaranya :

USB Tipe A

USB tipe A ini memiliki bentuk persegi panjang yang rata, tingkat kecepatan transper dan daya hantar dapat dilihat dari teknologi yang dimilikinya yakni USB2 atau USB3. Perbedaan yang mencolok antara USB 2 dan 3 adalah pada USB 3 pada konektornya berwarna biru, sementara USB 2 masih berwarna hitam.
usb tipe A
USB tipe A

USB Tipe B

Secara umum bahwa USB tipe B ini berdampingan dengan USB tipe A, USB tipe B ini memiliki ukuran standar, mini dan mikro dengan teknologi USB2 yang dimilikinya.

usb tipe B
USB tipe B


USB Tipe C

USB tipe C adalah tipe USB terbaru yang banyak digunakan oleh para penjual gawai untuk perangkat charger. USB tipe C ini sudah diberikan teknologi USB 3 dan dapat menghantarkan tegangan hingga 20V (100Watt) per 5A (ampere).
usb tipe C
USB tipe C


USB tipe C ini dapat anda temukan pada jenis perangkat gawai keluaran terbaru, atau pada beberapa perangkat komputer yang tinggi. Mungkinkan akan ada tipe lain setelah ini, mari kita simak dan tunggu perkembangannya.


Demikian artikel tentang memahami perbedaan teknologi USB pada flashdisk, semoga bisa bermanfaat untuk sobat semua, dan bila ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan meninggalkan pesan pada kolom komentar di bawah ini.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar